Maraknya perkembangan bisnis digital merupakan bukti pentingnya digitalisasi bagi penyedia produk maupun jasa. Layanan transportasi online, komersial elektronik, dan aplikasi penyedia jasamerupakan contoh dari banyak sekali bisnis yang mempermudah masyarakat dengan teknologi yang digunakannya.

Bukan hanya untuk operasinya, para entrepreneur juga memanfaatkan teknologi untuk melancarkan strategi-strategi marketingnya secara online. Proses yang dikenal dengan marketing digital ini terkenal murah dan jauh lebih efektif. Nah, jika anda tengah memulai transformasi digital pada bisnis anda, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan.

1. Marketing digital dengan memaksimalkan media sosial

marketing digital 1.jpgSumber: geralt 

Media sosial kini menjadi medium yang sangat cepat menyebarkan informasi. Apalagi untuk dimanfaatkan sebagai platform marketing digital untuk mengembangkan bisnismu! Sebut saja berbagai fenomena yang menjadi viral dalam waktu singkat seperti video Pen Pineapple Apple Pen, Tahu dan “Om Telolet Om”.

Bayangkan, banyak sekali e-commerce yang memanfaatkan ketiga tren di atas untuk memasarkan produk yang berkaitan. Para developer juga tengah segera-segeranya membuat games untuk diluncurkan.

Potensi dari media sosial bisa dilihat dari pertumbuhan pengguna media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya, hingga mencapai angka 2,34 miliar pengguna pada tahun 2016 berdasarkan data dari Statista

Biar bisnis anda dikenal publik, anda bisa memanfaatkan marketing media sosial yang cenderung lebih murah. Dari berbagai media sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, anda bisa menentukan target pengunjung atau peminat brand anda sebagai langkah awal marketing digital yang tepat.

Ada beberapa sumber data yang bisa anda gunakan untuk mengetahui media sosial yang paling pas untuk segmen pelangganmu. Salah satunya adalah data hasil riset dari Pew Research Center yang menunjukkan data demografis, seperti usia, gender, tingkat pendidikan dari pengguna aktif berbagai media sosial.

Menyuarakan update, meminta calon pelanggan untuk me-like lamanmu, share, atau mengadakan kompetisi kecil-kecilan cukup efektif dalam membangun komunitas pelanggan milikmu sendiri.

2. Investasi dalam situs bisnis

marketing digital 2.jpgGambar: FirmBee
Salah satu cara untuk menegaskan kehadiran bisnis anda adalah dengan memiliki website untuk bisnis anda sendiri. Dengan memiliki website, bisnis anda akan terlihat lebih profesional, karena informasinya mudah untuk ditemukan dan divalidasi.

Anda juga bisa mulai membuat sistem online untuk penjualan dan operasional bisnis anda. Jasa dan produk anda akan lebih mudah diakses, sehingga anda bisa meraih lebih banyak pelanggan.

Dengan sistem tersebut, anda juga bisa menata keseluruhan penjualan secara otomatis, mulai dari sistem pembelian hingga update inventory. Kedua hal ini penting sekali dalam melakukan marketing digital.

Sistem ini bisa anda integrasikan ke dalam website bisnis, sehingga anda menjadi online store yang mempunyai website sendiri yang kredible. Dengan begini, anda siap untuk melayani pembelian dari wilayah yang lebih jauh.

3. Sistem pembayaran digital

marketing digital 3.jpgSumber: flyerwerk 

Jika Anda sudah memiliki online store, sangat disarankan bagi anda untuk menawarkan berbagai kemudahan pembayaran digital bagi pelanggan anda. Marketing digital hampir selalu berkaitan dengan pembayaran digital dalam transaksinya.

Anda sebaiknya menyediakan berbagai pilihan pembayaran digital mulai dari transfer, klikpay, mobile, e-wallet, dan bentuk lainnya agar pembayaran lebih lancar dan trackable.

Anda bisa mendorong penggunaan metode pembayaran digital dengan meluncurkan kampanye-kampanye promo dan program-program marketing digital yang menggiurkan.

Anda bisa mengambil contoh layanan ojek online yang sekarang sedang heboh promo besar-besaran jika melakukan pembayaran melalui metode digitalnya.

4. Mengembangkan content marketing dengan blog

marketing digital 4.jpgSumber: frephotocc 

Terakhir, akmu perlu memiliki blog untuk melakukan marketing dengan konten. Marketing konten merupakan salah satu teknik marketing digital yang paling populer.

Iklan dan teknik marketing tradisional yang meminta pelanggan untuk membeli secara langsung dianggap kurang populer di zaman sekarang.

Dengan konten-konten yang menarik dan relevan dengan pelangganmu, anda bisa menarik perhatian para calon pelanggan. Anda bisa memberikan konten berupa tips yang ebrkaitan dengan bisnis anda.

Berikanlah tips berbelanja hemat jika anda mengelola e-commerce. Anda juga bisa bekerjasama dengan pakar/influencer/freelance untuk membuat konten berupa infografis, video, dan artikel feature wawancara

Konten yang menarik dan terkurasi baik akan lebih mudah viral dan dibagikan di media sosial.
Blog post yang semakin sering disebar dan dibaca akan menaikkan peringkatmu pada search engine seperti Google, membuat konten ini semakin mudah ditemukan banyak orang. Di sinilah letak kunci kesuksesanmu dalam melakukan marketing digital.

Selain untuk meningkatkan traffic untuk website anda, blog juga bisa digunakan sebagai channel untuk melakukan penjualan. Anda bisa menyelipkan link untuk pembelian salah satu produkmu yang relevan dengan artikelmu pada blog post. Anda juga bisa mewartakan promo dan berbagai updates kepada pengunjung setia blog Anda.


Jadi, itulah beberapa jalur yang bisa anda coba jalani untuk mengembangkan bisnis anda secara digital. Jika anda melakukan dan mendalaminya dengan benar, maka semakin banyak cold leads pembeli yang bisa anda jadikan hot leads dengan jalur-jalur marketing digital di atas. Selamat mencoba! Stay tuned untuk tips yang lebih mendalam untuk usahamu!

Sumber gambar utama: WDNetStudio
Advertisements