Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, banyak hal yang telah berubah seperti komunikasi, teknologi, dan juga cara pembayaran yang lebih kompleks. Hal ini diperlukan mengingat makin banyaknya teknologi baru yang bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan serta adanya permintaan dan tuntutan zaman yang semakin maju.

Perkembangan zaman ini juga yang membuat cara pembayaran kita dituntut untuk semakin mudah namun tetap aman atau secure (sebagai syarat utama). Digital payment ataupun Mobile Payment telah hadir di tengah kita sebagai salah satu teknologi yang ingin menjawab permasalahan bagi para banyak konsumen yang menginginkan kemudahan dan keamanan saat bertransaksi. Berikut merupakan beberapa alasan yang membuat anda harus beralih ke Digital / Mobile Payment.

Mobilitas tanpa Batas

mobile-payment-2
Sumber gambar: solutionconsultants

Pernahkah anda merasa kesusahan harus mencari ATM ataupun pergi ke bank untuk men-transfer uang untuk apapun itu kebutuhan anda? Atau, pernahkah anda pergi ke gerai minimarket ataupun toko serupa yang menyediakan jasa untuk membayar pembelian online anda?

Jika jawabannya ya, maka Digital / Mobile Payment bisa menjadi solusi bagi anda semua. Hal ini dikarenakan Digital / Mobile Payment memungkinkan anda melakukan pembayaran secara real time kapanpun dan di manapun selama anda terkoneksi dengan internet. Hal ini tidak hanya mudah, tetapi juga sangat menghemat waktu karena transaksi terjadi secara real time. Dan yang terpenting, anda tidak lagi perlu repot-repot pergi mencari ATM karena layanan tersebut kini ada di genggaman tangan anda.

Aman

mobile payment 3.jpg
Sumber gambar: safetouch

Digital / Mobile Payment juga menjamin keamanan yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan kita tidak perlu lagi menggunakan cash untuk melakukan transaksi, semuanya sudah tercatat secara elektronik, sehingga kita lebih aman bepergian tanpa perlu membawa banyak uang cash. Digital / Mobile Payment juga aman dikarenakan memiliki kata sandi yang berbeda bagi setiap pemiliknya.

“Jika dicuri, mudah untuk memblokir kartu kredit atau mobile wallet dari jarak jauh, tapi tetaplah tidak mungkin untuk mendapatkan uang tunai anda kembali. Dalam hal ini, pilihan digital menawarkan keamanan terbatas,” cerita Jayant Pai, Head Marketing PPFAS Mutual Fund, seperti yang dilansir melalui Economic Times

Keuangan yang lebih terperinci

mobile-payment-4
Sumber gambar: Stevepb

Selain keamanan, para pemakai juga akan mendapatkan kemudahan untuk menelusuri transaksi yang dilakukan menggunakan Digital / Mobile Payment. Hal ini dikarenakan adanya laporan yang dibuat setiap transaksi terjadi. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk melihat pengeluaran yang dikeluarkannya setiap waktu.

Dilansir melalui Economic Times Manoj Nagpa, CEO, Outlook Asia Capital, mengatakan, “Jika semua transaksi yang tercatat, maka akan sangat mudah bagi orang untuk melacak pengeluaran mereka. Ini juga akan membantu saat mengajukan pengembalian pajak penghasilan dan, dalam kasus pengawasan, orang akan merasa mudah untuk kejelasan dana yang mereka habiskan”.

Fitur yang bisa di update

mobile payment 5.jpgSumber: cloudfront

Sebagai platform yang terus bisa di-update, Digital / Mobile Payment menghadirkan banyak ragam layanan, beberapa contohnya adalah fitur untuk melakukan pembayaran listrik, telpon pasca bayar, telpon, kartu kredit, dan untuk fitur barunya seperti fitur untuk melakukan pembayaran secara terpisah untuk antar teman dan masih banyak fitur baru lainnya.

Belum lagi mengingat bahwa metode pembayaran ini akan terus berevolusi untuk meningkatkan lagi keamanannya dan tentunya menyesuaikan kebutuhan anda sebagai konsumen.

Hal ini tentunya akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi sehari-hari. Selain itu juga dengan banyaknya fitur yang diberikan, akan semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen yang memakainya.


Digital / Mobile Payment memang merupakan sebuah platform yang cukup baru, akan tetapi perubahan tersebut memang diperlukan untuk memberikan sebuah layanan yang maksimal. Oleh karena itu untuk anda yang ingin mencoba menggunakan Digital / Mobile Payment, ini mungkin saat yang tepat untuk mendapatkan pelayanan pembayaran yang lebih cepat dan aman!

Sumber gambar utama: deangreencopy
Advertisements