Berbagai kemudahan bisa kita dapatkan di era digital seperti sekarang ini. Salah satunya dalam hal mengembangkan bisnis. Kini Anda tidak memerlukan lagi asset yang cukup besar untuk memulai bisnis karena semua bisa Anda siasti secara digital.

Pangsa pasar pun terbuka semakin luas mengingat semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Di tahun 2016, pengguna internet mencapai 82 juta orang atau sekitar 30% dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

Agar bisnis Anda bisa bertahan atau justru semakin berkembang di era digital seperti sekarang ini, berikut 7 hal yang perlu Anda miliki!

Baca juga: 3 Langkah Sederhana Mengatur Keuangan di Era Digital


Tips Sukses Bisnis di Era Digital

1. Selalu Beradaptasi dan Inovasi

tips sukses bisnis

Sumber: Cyber PR

Di tengah laju teknologi yang semakin cepat, perubahan juga terjadi dengan sangat cepat. Memiliki pola pikir orang sukses akan membantu Anda dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah persaingan bisnis. Untuk poin yang satu ini, dibutuhkan mental yang kuat untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang bisa terjadi kapan saja.

Seiring dengan terbuka lebarnya peluang, maka semakin banyak juga saingan yang perlu Anda kalahkan. Kekuatan berinovasi merupakan salah satu modal untuk maju di antara sekian banyaknya pesaing. Semakin Anda berbeda dari kebanyakan produsen, maka semakin mudah Anda dilihat konsumen.

2. Tentukan Strategi

tips sukses bisnisSumber: DCWORLDNEWS

Sebelum menentukan strategi, tentukan dulu jenis bisnis apa yang akan Anda bangun. Apakah Anda akan membangun sebuah bisnis yang idealis dengan brand dan produk Anda sendiri dengan karakter tersendiri? Ataukah Anda hanya akan menjadi distributor dari produsen lain? Keduanya bisa menjanjikan profit yang besar, tergantung strategi yang Anda jalankan nantinya.

3. Toko Online untuk Jangkauan Lebih Luas

Sumber: GoMage

Agar produk dan brand Anda semakin mudah dikenali konsumen, buatlah toko online di berbagai e-commerce yang sudah akrab dengan masyarakat. Beberapa e-commerce mengharuskan merchant menyimpan stok produknya di gudang mereka. Namun banyak juga e-commerce yang hanya menyediakan toko tanpa harus menitipkan stok produk. Sehingga Anda bisa langsung berhubungan dengan konsumen pada saat terjadi transaksi.

Perkembangan e-commerce saat ini menjanjikan keuntungan yang besar bagi bisnis Anda. Data lembaga riset ICD mencatat bahwa pasar e-commerce Indonesia akan meningkat 42% dari tahun 2012-2015, lebih besar jika dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia (14%), Thailand (22%), dan Filipina (28%)..

4. Social Media Branding

tips sukses bisnisSumber: Marketing Land

Kekuatan media sosial tak hanya sebagai media pemasaran yang jitu, tapi juga sebagai salah satu cara untuk membentuk karakter brand. Manfaatkan berbagai platform sosial media yang banyak digunakan orang seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan yang lainnya untuk memperkenalkan produk Anda melalui konten-konten menarik.

Dari 82 juta pengguna internet di Indonesia, 79 juta di antaranya aktif di sosial media. Angka ini tentu bisa menjadi pangsa pasar yang besar dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Tinggal bagaimana strategi Anda untuk dapat menjangkau pasar tersebut.

5. Konten Visual

tips sukses bisnisSumber: ThemeTrust

Tak bisa dipungkiri bahwa desain visual merupakan konten yang paling diperhatikan orang di internet. Terbukti bahwa 40% orang merespon lebih cepat pada konten visual daripada teks di internet.

Terutama bagi Anda yang berencana membangun sebuah website untuk bisnis Anda. Data menunjukkan bahwa konversi terhadap transaksi meningkat 86% ketika ada video di landing page dan 12% traffic meningkat jika ada konten infografis.

Jadi, jangan ragu untuk membayar desainer yang bisa memberikan Anda konten visual yang eye-catching untuk menarik orang mengunjungi blog atau sosial media Anda.

6. Mobile Marketing

tips sukses bisnis
Sumber: Respondr

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah kebanyakan orang menggunakan mobile phone ketimbang perangkat lain seperti tab atau laptop. Hal ini juga didukung oleh semakin meningkatnya pertumbuhan smartphone di Indonesia. Setidaknya 85% penduduk Indonesia menggunakan mobile phone dan membuka 661 halaman setiap bulannya.

Jadi, pastikan appearance toko online Anda sangat mobile-friendly. Misalnya jika Anda memiliki website atau blog, pastikan Anda melengkapinya dengan berbagai feature yang nyaman bagi pengguna mobile phone. Jika ada budget, tak ada salahnya juga Anda membangun sebuah toko online berbasis aplikasi smartphone untuk semakin memudahkan konsumen mendapatkan produk Anda.


Baca juga: 5 Tips Finansial Sederhana Wajib Untuk Semua Pebisnis

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat memenangkan persaingan bisnis di era digital. Perkembangan teknologi memang menawarkan banyak kemudahan untuk kita membangun dan mengembangkan bisnis. Namun, kita juga perlu peka terhadap perubahan dan juga hal-hal kecil agar kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang timbul dari perkembangan teknologi saat ini.

Advertisements