Bisnis online atau yang bisa diartikan bisnis yang menggunakan media internet, belakangan ini sedang sangat berkembang. Dan, menurut hasil riset, bisnis berbasis online akan merajai pangsa pasar dalam beberapa tahun ke depan.

Membuat bisnis online memang tidak selalu membutuhkan kemampuan-kemampuan teknis yang mumpuni. Namun, ada beberapa langkah dasar yang wajib dikuasai. Berikut adalah beberapa tips bagi pemula untuk memulai bisnis online.

Baca juga: 4 Cara Marketing Digital Untuk Mengembangkan Usahamu!


Tips Memulai Bisnis Online

1. Tawarkan Jasa yang Anda Kuasai

bisnis online 1Sumber: Smash Brand

Perlu diketahui kalau bisnis online tidak selalu berarti e-commerce, walaupun memang jenis bisnis online inilah yang paling terkenal. Beberapa jenis bisnis lainnya seperti jasa review, affiliate marketing, menjual blog, serta jasa penerbitan ads juga termasuk ke dalam bisnis online.

Langkah pertama adalah untuk mengetahui produk atau jasa apa yang akan Anda jual. Namun, itu saja tidak cukup! Usahakan juga untuk mencari inti permasalahan yang ada selama ini dan gunakan produk atau jasa bisnis online-mu sebagai solusi permasalahan yang ada tersebut.

2. Planning

bisnis onlineSumber: Business News Daily

Setelah menentukan produk atau jasa yang akan dijual, jangan lupa untuk melakukan planning atau perencanaan. Bisnis apapun tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada perencanaan yang matang.

Apa saja yang harus direncanakan? Anda bisa memulai dari target market, visi, misi, kompetitor, serta financial plan. Tentukan siapa yang akan menjadi pembeli Anda dan apa kebutuhannya.

Perhatikan juga kompetitor yang menjual produk atau jasa yang mirip dengan Anda. Setelah mengetahui kompetitor Anda, Anda bisa menonjolkan sisi unik bisnis online yang belum tentu dimiliki oleh kompetitor.

Setelah langkah planning sudah mantap, maka Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya, yaitu pembuatan lapak online.

3. Mulai dari Media Sosial Baru ke Web

bisnis onlineSumber: Marketing Land

Untuk membuka lapak online memang medium yang paling lazim adalah untuk membuat website Anda sendiri. Tapi, sebelum mengeluarkan modal dan biaya tambahan untuk pembuatan website serta membeli domain, ada baiknya Anda mencoba dari media sosial dulu.

Selain tidak membutuhkan biaya, Anda bisa meraup lebih banyak konsumer. Mengapa? Sederhana saja, karena jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia saja sudah mencapai 63 juta orang. Nah, jumlah potensi konsumer yang cukup menjanjikan untuk bisnis awal bukan?

Setelah mempunyai nama dan reputasi di media sosial, barulah mulai beralih ke website Anda sendiri. Di langkah ini, Anda juga bisa melegalkan lapak online Anda. Bagi bisnis online yang bergerak di bidang e-commerce, Anda bisa menggunakan beberapa software khusus e-commerce.

 Baca juga: 6 Tips Ini Bisa Membantu Bisnismu Makin Sukses Di Era Digital

4. Jangan Lupakan Blog

bisnis online 4Sumber: The Odyssey Online

Blog adalah sarana promosi yang vital bagi para pebisnis online. Anda bisa meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dan membuat brand Anda menjadi lebih dikenal. Selain itu, traffic website Anda juga bisa lebih meningkat dengan cara meng-backling produk-produk atau jasa dari blog ke website Anda.

Umumnya, dengan blog, Anda bisa lebih dalam menceritakan tentang produk atau jasa. Bahkan, Anda bisa menceritakan kenapa produk atau jasa Anda dibutuhkan saat ini. Perlu diingat juga, konsumer akan lebih loyal jika Anda berkomitmen untuk mem-posting secara rutin.

Tidak percaya? Statistik mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan ROI (Return Of Investment) 13 kali lipat lebih tinggi jika menggunakan blog.

5. Siapkan Metode Pembayaran yang Nyaman

bisnis onlineSumber: All Top Startups

Langkah ini termasuk salah satu langkah yang paling penting dalam establishment bisnis online. Pastikan Anda menyediakan metode pembayaran yang nyaman bagi konsumer.

Umumnya, metode pembayaran bagi bisnis online adalah dengan kartu kredit atau debit. Namun, Anda bisa melakukan lebih dengan cara menyediakan metode pembayaran digital payment. Sebagai contoh, sediakan PayPal, mPay, atau Doku Wallet.

Pastikan juga metode pembayaran Anda terjamin keamanannya. Hal ini merupakan hal yang penting di mata konsumer.

6. Marketing lebih? Kenapa tidak?

bisnis onlineSumber: Eventbrite

Hal terpenting dalam bisnis baik online ataupun offline adalah ketersediaan produk. Maka dari itu, pastikan Anda mempunyai inventory yang terencana.

Namun, tidak selamanya produk akan selalu tersedia. Ada kalanya stok produk harus menunggu bahan-bahan. Nah, jika ini terjadi, jangan khawatir! Anda tetap bisa menjalankan bisnis online Anda.

Bagaimana caranya? Anda bisa menjadi affiliate marketer! Coba bangun kerjasama dengan beberapa bisnis lainnya dan promosikan produk atau jasa mereka. Mengapa? Selain membangun hubungan kerja yang baik, Anda juga akan mendapatkan komisi jika konsumer dari website Anda menggunakan jasa atau produk rekan bisnis Anda.

Baca juga: 3 Langkah Sederhana Mengatur Keuangan di Era Digital


Bagaimana? Membangun bisnis online dari awal tidak terlalu sulit bukan? Seperti layaknya bisnis kebanyakan, pastikan Anda mempunyai aplikasi digital payment yang bisa membantu Anda dalam melakukan planning keuangan dan juga mencatat pemasukan serta pengeluaran secara aman.

Selamat berbisnis, guys!

Advertisements