Dalam menjalankan suatu bisnis, istilah pemasaran atau marketing adalah hal yang sangat familiar. Namun seiring berkembangnya teknologi, strategi pemasaran mulai bertransformasi. Kini, kita mulai mengenal digital marketing atau pemasaran digital. Tapi, apa sebenarnya digital marketing itu? Mari, kita ulas strategi pemasaran satu ini!


Pengertian Digital Marketing

digital marketingSumber gambar: Pantanea_

Keberadaan digital marketing atau pemasaran digital memang tidak terlepas dari pesatnya kemajuan teknologi. Hal ini dikarenakan teknologi, khususnya digital dan mobile technology, memegang peranan penting dalam pemasaran digital.

Secara sederhana, digital marketing bisa diartikan sebagai suatu bentuk usaha yang mempromosikan dan memasarkan sebuah brand dengan menggunakan media digital, seperti internet.

Bentuk-bentuk dari pemasaran secara digital sendiri ada berbagai macam, mulai dari melalui kampanye media sosial hingga acara-acara yang dibuat di dunia maya.

Fase dalam Digital Marketing

digital marketingSumber gambar: Photo-Mix

Untuk memahami lebih lanjut pola perilaku pasar dalam era digital, kita mengenal konsep AISAS.

Attention

Tahapan pertama dalam melakukan pemasaran digital adalah menangkap perhatian pasar. Ada berbagai cara untuk menarik perhatian pasar yang sebagian besar merupakan netizen. Animasi, ukuran tulisan, hingga gambar yang digunakan dalam digital content dapat kamu manfaatkan dalam pemasaran digital.

Interest

Setelah kamu berhasil mendapatkan pehatian, langkah selanjutnya adalah menjawab permasalahan apakah konsumen memiliki minat dan keingintahuan lebih terhadap produk yang Anda tawarkan.

Maka dari itu, diperlukan penjelasan produk dan promo yang tidak hanya jelas, tetapi juga menarik. Pastikan juga Anda mampu merangsang mereka untuk membaca dan mengikuti pesan-pesan yang Anda coba sampaikan.

Search

Setelah ketertarikan dan minat muncul, konsumen biasanya akan mulai mencari tahu lebih dalam sebelum mengambil keputusan. Ada banyak platform yang biasa mereka gunakan untuk menemukan informasi, mulai dari website, blog, media sosial, hingga media lainnya yang bisa ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Jadi, penting untuk menaruh informasi mengenai produk Anda secara merata di berbagai platform dan media sosial. Peran netizen dalam memberikan ulasan juga memiliki peran yang sama pentingnya dalam fase ini.

Action

Selanjutnya, setelah mendapatkan informasi yang cukup, konsumen akan melakukan tindakan pembelian. Pada fase inilah pengalaman konsumen terhadap produk Anda tercipta.

Share

Tahapan terakhir adalah dimana konsumen membagi pengalaman berinteraksi mereka terhadap produk melalui media digital. Dalam tahap ini juga terdapat banyak media yang kelak akan mempengaruhi informasi yang didapat konsumen pada fase ketiga (Search).

Baca juga: 4 Cara Marketing Digital Untuk Mengembangkan Usahamu!

Keunggulan Digital Marketing

digital marketingSumber gambar: Templune

Melakukan pemasaran secara digital, tentu akan memberikan keuntungan lebih jika dibandingkan pemasaran secara konvensional. Keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari pemasaran secara digital antara lain:

Jangkauan pasar yang lebih luas

Melalui internet sebagai media dari pemasaran digital, Anda tidak memiliki batas apapun dalam menjangkau konsumen dari berbagai belahan dunia. Berdasarkan data dari Internet Live Stats, 40 persen manusia di dunia sudah terkoneksi dengan internet pada 2016. Jumlahnya mencapai sekitar 3,4 miliar orang.

Biaya yang lebih murah

Sudah bukan rahasia lagi jika biaya yang kamu gunakan dalam pemasaran secara digital jauh lebih murah jika dibandingkan dengan metode yang lebih konvensional. Seperti yang dilansir melalui YDigital Asia, memasang iklan di koran membutuhkan biaya sekitar 250 Dollar Amerika atau sekitar Rp 3,3 juta. Padahal, dengan biaya 50 Dollar Amerika (sekitar Rp 665 ribu), Anda bisa melakukan search engine marketing dengan hasil jumlah jangkauan yang sama.

Target dan hasil yang lebih terukur

Salah satu keunggulan dari pemasaran digital adalah segala hal jauh lebih terukur. Mulai dari target hingga hasil. Jadi, bisa dikatakan Anda hanya membayar sesuai hasil yang Anda dapatkan.

Hasil yang lebih cepat

Selain terukur, pemasaran digital juga membuat semuanya menjadi jauh lebih cepat. Untuk kampanye yang dilakukan, Anda bisa saja mendapatkan hasilnya dalam waktu hanya satu jam setelah menggunakan tools analytics yang tersedia.

Baca juga: Saat-nya UKM Mulai Beralih ke Digital


Untuk bertahan dalam dunia bisnis, inovasi dan adaptasi sangatlah penting. Selain metode pemasaran yang beralih menjadi digital, banyak hal yang perlu Anda sesuaikan dalam era digital ini, termasuk seperti metode pembayaran digital yang kini mulai berkembang di Indonesia.

Advertisements